Facebook BW WA Github Cari



Artikel Cerpen List Musik Pemrograman Puisi


Sebuah Kebiasaan

02 February 2018

Manusia adalah makhluk yang mekanistis. Perilaku manusia dibentuk dari perilaku yang berulang-ulang. Salat lima waktu berulang-ulang. Kalau senantiasa salat lima waktu di masjid, maka itu akan menjadi kebiasaannya dan akan otomatis dia lakukan. Kalau manusia terbiasa untuk salat tahajud, maka dia tidak akan lepas untuk salat tahajud. Begitu pula apabila dia terbisa untuk menghapal Quran, salat sunnah, mengerjakan berbagai amalan dengan kualitas tinggi, itu semua akan melekat pada dirinya karena sudah menjadi kebiasaan.

Nah, tentu kita yang sudah tau tentang hal ini, maka seharusnya kita melakukan sesuatu yang baik-baik secara berulang-ulang supaya menjadi kebiasaan. Ingin bahagia, biasakan aja untuk bahagia. Biasakan tersenyum, biasakan berpikir positif, biasakan berkata yang baik-baik. Ingin senantiasa beramal saleh? Biasakan aja beramal saleh. Ingin senantiasa menjauhi dosa? Biasakan aja untuk menjauhi dosa ketika kesempatan itu datang. Kita semua bisa mengubah diri kita, baik perilaku maupun sikap.

Ingin menjadi penulis? Biasakan menulis walaupun hanya dengan pena dan tisu warung. Ingin menjadi orang kaya? Biasakan untuk bekerja dengan penuh antusias dan bersedekah. Ingin menjadi orang yang peduli dengan orang lain? Biasakan untuk mencermati setiap orang yang curhat denganmu, jangan memotong perkataannya, dan pahamilah dirinya dari sudut pandang yang dia maksud.

Segala sesuatu dapat menjadi kenyataan apabila kita membiasakan diri melakukannya. Ketika kita terbiasa untuk segera berangkat ke masjid ketika mendengar azan, kita pun akan terbiasa untuk terbangun ketika mendengar azan Subuh. Ketika kita terbiasa untuk menghapal Quran, kita pun terbiasa untuk refleks ketika mendengar ada seseorang yang bacaannya salah.

Yang penting adalah kebiasaan. Bukan apa yang sudah kita lakukan.

Sumber gambar: img00.deviantart.net/c5ce/i/2015/192/4/d/saber__king_arturia_by_redrook96-d90twn4.jpg

#artikel #kehidupan #life #edit

Tulisan Menarik Lainnya dalam Kategori Artikel

Baca Juga Ya


Copyright © 2018 Zen All Right Reserved - Created by Zen