Facebook BW WA Github Cari



Artikel Cerpen List Musik Pemrograman Puisi


Merasa Malas Melakukan Apapun? Kira-kira, Apa yang Menyebabkannya Ya?

31 January 2018

Terkadang, kita bingung sendiri ya sama diri kita sendiri kalau lagi malas. Malas melakukan apapun. Kok bisa gitu ya? Nggak rasional banget. Rasa malas itu terkadang datang ketika ada banyak hal yang harus dikerjakan. Kok bisa malas? Apa sih sebenarnya yang membentuk rasa malas itu? Mengapa terkadang kita merasa malas dan juga kenapa kita terkadang merasa sangat bersemangat?

Ini ada kaitannya dengan motivasi mungkin ya. Ketika kita memiliki motivasi internal yang lemah, maka akan sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan. Ketika lingkungan kita suasananya malas, ya, kita ikut-ikutan malas. Ketika lingkungan di sekitar kita suasananya semangat, kita ikutan semangat. Ketika suasananya berkobar-kobar, kita ikutan berkobar-kobar. Kalau katanya Dr. Frost, itu nggak rasional banget. ‘Manusia harus senantiasa bertindak berdasarkan pikiran rasional’ — Dr. Frost.

Tapi, manusia yang normal itu sebenarnya nggak rasional. Bertindak berdasarkan pengalaman, bukan pengamatan empiris. Lebih mengandalkan otak kanan yang bersifat reflektif dan imajinatif, bukan otak kiri yang bersifat logis. Itu berarti, manusia tidak akan pernah bisa memiliki motivasi internal yang kuat tanpa diganggu oleh motivasi eksternalnya. Lingkungan sangat berpengaruh.

Namun, bukan berarti nggak bisa dilatih ya. Kita bisa melatih diri kita, secara fisik dan mental untuk melakukan sesuatu, berpikir, atau merencanakan sesuatu, yang berlainan dengan kondisi lingkungan saat ini. Kemampuan tersebut dinamakan kemampuan intelejensi. Kemampuan khasnya agen rahasia seperti di film-film macam 007.

Itu nyata.

Nah, bagi kita yang orang biasa-biasa aja, bukan juga intelijen yang sudah terlatih itu, kita bisa membuat diri kita semangat lagi dengan menyiapkan suasana yang membuat kita semangat. Entah itu makan yang banyak, beli terang bulan, mendengarkan muratal, tidur sejenak, main game, atau apapun yang bisa membuat kita semangat lagi. Yang penting kita mau semangat. Itu dulu. Kalau kita nggak mau, maka kita nggak bisa mengusahakan diri kita supaya semangat.

Ganbatte…

Sumber gambar: s.kaskus.id/images/2016/06/26/8896696_201606260136390999.jpg

#artikel #opini #life #kehidupan #berpikir #thinking #edit

Tulisan Menarik Lainnya dalam Kategori Artikel

Baca Juga Ya


Copyright © 2018 Zen All Right Reserved - Created by Zen