Facebook BW WA Github Cari



Artikel Cerpen List Musik Pemrograman Puisi


Umbul Manten Kolam Alami Jernih di Klaten, Harga Tiket Masuk + Peta Lokasi

27 January 2018

Umbul Manten merupakan salah satu kolam sumber air yang jernih di Klaten. Kolam air ini terbilang sangat jernih karena masih alami, Anda bisa membuktikannya sendiri dengan berkunjung ke sini. Tempat wisata baru ini kini ikut meramaikan wisata di Klaten. Dalam bahasa Jawa sumber mata air alami ini disebut juga dengan umbul, nah di klaten ini banyak ditemukan umbul tersebut. Kini tempat itu menjadi wisata yang cukup ramai dikunjungi.

Dulunya umbul manten ini biasanya dimanfaatkan warga sekitar untuk mengairi lahan sawah, serta budidaya ikan air tawar. Baru-baru ini tempat ini mulai ramai dan akan digarap dengan professional serta dijadikan objek wisata. Hal ini juga melihat dari suksesnya wisata umbul ponggok Klaten yang kini banyak dikunjungi wisatawan.

Ukuran kolam sumber air ini memang tidak terlalu besar, namun air yang ada di umbul tersebut sangat jernih ada yang bilang sebening kaca. Umbul tersebut merupakan kolam alami yang punya kedalaman hingga 1,5 meter. Tak seperti umbul ponggok, bagian dasar pada umbul manten tersebut justru berupa bebatuan. Oleh karena itulah kejernihan air di tempat ini bisa lebih terjaga. Jika dilihat dari permukaan maka akan terlihat dengan sangat jelas bagian dasarnya.

Dengan kejernihan air umbul manten tersebut menjadi tempat ini sangat layak untuk dijadikan tujuan wisata ketika Anda berada di Klaten. Pasalnya tempat ini juga sangat nyaman digunakan untuk berenang. Airnya sangat segar dan sangat jernih. Jika Anda terlalu lama di sini, kemungkinan akan kedinginan karena memang terlalu segar. Kesegaran airnya tetap terjaga karena ada sumber air pada sejumlah titik yang ada di kolam air umbul manten tersebut.

Harga Tiket Masuk Umbul Manten

Untuk memasuki wisata kolam air ini Anda akan dikenakan biaya yang tidak mahal, yakni hanya 2.000 Rupiah saja. Anda sudah bisa menikmati keindahan dan kesegaran dari sumber air tersebut sampi puas. Namun umbul tersebut belum punya fasilitas lengkap seperti tempat wisata pada umumnya, sehingga tidak akan menemukan toilet umum dan lainnya. Jika ingin ke kamar mandi, maka Anda bisa meminjam kamar mandi masyarakat setempat. Hal ini karena wisata ini belum dikelola secara professional, wisata tersebut buka 24 jam setiap hari.

Peta Lokasi Umbul Manten

Anda perlu tau lokasinya lebih dulu jika ingin berkunjung ke tempat ini. Lokasi kolam air yang jernih tersebut berada di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa tengah. Lokasinya memang tak jauh dari umbul ponggok Klaten. Apabila Anda tau tempatnya, maka menemukan tempat ini tidaklah terlalu susah. Anda bisa mengunjunginya dengan berbagai transportasi baik kendaraan pribadi atau umum. Apabila merasa kesulitan menemukannya, lebih jelasnya bisa melihat lokasi di google maps.

Posisi umbul tersebut berada di tengah rimbunnya pohon besar, dimana pohon tersebut mengelilingi umbul yang disebut juga dengan pohon ipik. Pohon ini punya struktur seperti pohon beringin, besar dan tinggi dengan daun yang rimbun. Untuk menuju lokasinya dari tempat parkir Anda perlu berjalan selama beberapa menit. Persiapkan alas kaki yang tepat saat menuju lokasinya karena terkadang jalan menjadi licin apalagi ketika hujan.

Mau berkunjung dan merasakan segarnya kolam alami di Klaten ini? Jadi tunggu apalagi, datang saja ke lokasi umbul Manten Klaten. Anda akan merasakan sensasi yang menyegarkan ketika menceburkan diri ke sumber air ini. (dolanyok.com)

Sumber gambar: iklantravel.com/wp-content/uploads/2017/07/umbul-manten.jpg

#artikel #sponsored post #wisata #edit

Tulisan Menarik Lainnya dalam Kategori Artikel

Baca Juga Ya


Copyright © 2018 Zen All Right Reserved - Created by Zen