Facebook BW WA Github Cari



Artikel Cerpen List Musik Pemrograman Puisi


Senangnya Ai Habis Nyebarkan Virus ke SMA Muhammadiyah 2 Samarinda. Hahahahaaa...

24 January 2018

Hahahahaa…. Rasanya senang banget habis nyebarkan “virus” di SMA Muhammadiyah 2 Samarinda. Hahaha…

Eits, jangan salah sangka dulu ya, bukan virus komputer dan juga bukan virus biologis.

Terus virus apa dong?

Hmmm… kasih tau nggak ya? :D

Jadi, kan kisahnya saya ngajar ni di SMA Muhammadiyah 2 Samarinda, pelajaran bahasa Arab. Nah, ketika pelajaran bahasa Arab, daripada cara menghapal biasa yang melelahkan, akhirnya saya pakai lagu deh, untuk menghapalkan bahasa Arabnya bentuk-bentuk pertanyaan. Berikut ini adalah kosakata yang kita hapalkan:

أين di mana

لماذا mengapa

هل apakah

كيف bagaimana

هذا هذه ini

تلك ذلك itu

كم berapa

مع من sama siapa

Horeeee….

Seru banget ya ngapalinnya. Pakai lagu ya… nadanya pakai lagu “mana di mana, jantung hati saya, jantung hati tuan ada di kampung baru. Caca marica hehe, caca marica hehe, caca marica ada di kampung baru”.

Oke, itu satu.

Ada satu lagi virus yang saya tularkan yaitu kaidah berikut:

Setiap yang banyak itu cewek.

What? Setiap yang banyak itu cewek? Doktrin dari mana lagi ini? Hehehehe…. :D

Jadi, penjelasannya kayak gini ya.. Setiap ada kata benda yang bukan manusia, ketika jumlahnya ada banyak, maka dhomirnya menjadi muannats.

Contohnya adalah spidol. Apa bahasa Arabnya spidol? Yap bener, قلم. Nah, kalau spidolnya ada banyak kan jadinya أقلام. Maka, bahasa Arabnya “ini satu spidol” adalah هذا قلم. Sedangkan kalau bahasa Arabnya “ini banyak spidol” adalah هذه أقلام. Nah, coba kita perhatikan. Untuk spidol yang banyak, kita menggunakan هذه sedangkan هذه itu dipakai untuk menunjukkan kata benda perempuan (مؤنث) padahal kan spidol tadi itu ketika jumlahnya hanya satu, dia itu laki-laki (مذكر). Kok bisa ya jadi perempuan ketika jumlahnya banyak? Maka, kembali ke kaidah tadi:

Setiap yang banyak itu cewek.

كل جمع مؤنث

Keren kan virus-virusnya? Siapa bilang belajar bahasa Arab nggak mengasyikkan? :D

Sumber gambar: 3.bp.blogspot.com/--W2h5YEl-3U/WZZpLULU_vI/AAAAAAAAAXQ/eqKlZiUCCgM6BpgKhupVbzMnp5sT-eotgCLcBGAs/s320/0622a9b98520e70d59eb8af821eb23063de8d8d8_hq.jpg

#artikel #mengajar #guru #bahasa arab #edit

Tulisan Menarik Lainnya dalam Kategori Artikel

Baca Juga Ya


Copyright © 2018 Zen All Right Reserved - Created by Zen