Facebook BW WA Github Cari



Artikel Cerpen List Musik Pemrograman Puisi


Menjadi Diri Sendiri?

16 December 2017

Terkadang, menjadi diri sendiri itu membuat kita berpikir, ‘Yang manakah diri kita sebenarnya?’ Kita merasa bahwa diri ini memiliki dua kepribadian, atau dua sisi yang saling bertolak belakang. Satu sisi baik dan satu sisi jahat. Entah mengapa kedua sisi ini saling tarik-menarik alam sadar. Terkadang sisi baik ingin muncul ke permukaan dan terkadang sisi jahat yang ingin muncul ke permukaan. Sebenarnya, apa sih yang membentuk sisi baik dan sisi jahat itu?

Masa lalu.

Pengalaman nyata maupun tak nyata.

Tontonan yang kita saksikan setiap hari.

Bacaan.

Kita tak bisa menyalahkan semua itu, berbagai variabel yang sudah mengendap di alam bawah sadar kita. Tugas kita sebenarnya adalah memilih, bagian mana yang harus tampil di alam sadar dan mengabaikan yang jahat-jahat supaya tidak tampil. Berat? Memang terkadang iya. Tapi kita mau berubah kan?

Sebesar apa sih niatan kita ingin berubah? Sebesar apa kesungguhan kita kepada Yang Maha Kuasa tatkala kita berdoa untuk berubah, untuk diberi kebaikan di dunia dan akhirat? Kita memiliki kendali atas diri kita dan pikiran kita. Lakukanlah yang seharusnya dilakukan dan jauhilah yang seharusnya tidak kita lakukan. Hidup hanya sekali. Pilihan hanya satu. Jangan kita sia-siakan.

Sumber gambar: 78.media.tumblr.com/9cf5968e28019c70c702c0a3be86f020/tumblr_n8d7ttsoop1r41iwko1_500.gif

#artikel #diri sendiri #self #edit

Tulisan Menarik Lainnya dalam Kategori Artikel

Baca Juga Ya


Copyright © 2018 Zen All Right Reserved - Created by Zen