Facebook BW WA Github Cari



Artikel Cerpen List Musik Pemrograman Puisi


Show Don't Tell

15 December 2017

Sekarang itu zamannya pencitraan. Apa aja bisa jadi bahan pencitraan. Buruk? Nggak. Selama itu hanya menjadi bahan seru-seruan aja.

Tapi, kalau pencitraan itu sudah berbentuk seperti harapan maupun janji, di situlah akan timbul masalah.

Contohnya adalah seseorang yang tiap hari dia pencitraan sebagai desainer. Dia munculkan quote-quote tentang keindahan seni, selalu mendukung aplikasi-aplikasi desain, selalu update berita terbaru tentang desain dari seluruh dunia. Selalu turun dalam perdebatan antar aliran desain. Namun, ketika dia diminta menunjukkan hasil karyanya… apakah dia memilikinya?

Ingat, show don’t tell.

Lalu, bagaimana kita bisa tau apa aja sih yang harus dishowkan dari apa yang kita lakukan saat ini?

Jadi kan segala hal di dunia ini memiliki buah. Misalnya saja, buah dari ilmu adalah amal dan akhlak. Maka, buah itulah yang harus kita showkan, bukan sekadar kita mendapatkan ilmu lalu berdebat di sana-sini atau kita memamerkan buku-buku tebal yang kita baca. Bukan itu ya. Itu semua baru tell, belum show. Ketika kita dapat menunjukkan perubahan kita falam perbuatan dan akhlak, maka di situlah kita sudah bisa menshowkan ilmu kita. Istilahnya, ilmu itu sudah memberikan efek pada diri kita, sudah kita dapatkan buahnya.

Kalau bingung dengan istilah buah, bisa juga kita ganti dengan istilah tujuan. Nah, tujuan sebenarnya kita melakukan hal ini tuh apa sih? Itu yang harus kita pikirkan dan kita gapai tujuan tersebut.

Sumber gambar: cdn.playbuzz.com/cdn/fba8da42-7306-4019-ac93-5ed4ddd87f8d/2e3b9353-5680-4168-8086-866b6660e214_560_420.jpg

#artikel #show #edit

Tulisan Menarik Lainnya dalam Kategori Artikel

Baca Juga Ya


Copyright © 2018 Zen All Right Reserved - Created by Zen