Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Apabila Kamu Menulis di Catatan Harian

Menulis catatan harian? Ada yang bilang bahwa menulis di catatan harian itu membuat malu, nggak kelihatan cool, kerennya menurun, dan berbagai cemoohan lain tentang satu bentuk terapi yang sangat besar manfaatnya ini. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menulis catatan harian:

  1. Kamu akan memahami tentang apa yang kamu rasakan

    Karena catatan harian itu bebas, kamu bisa menuliskan apapun di dalamnya. Mulai dari hal yang kamu anggap sepele, hingga hal yang kamu anggap sangat besar. Kamu bisa menceritakan betapa lucunya kucing yang memiringkan kepalanya sore itu atau bisa juga kamu ceritakan tentang seorang anak kecil yang berjuang keras mencari makanan dari mengamen dari rumah satu ke rumah lain.

  2. Kamu akan memahami kelemahan-kelemahan yang ada pada dirimu

    Catatan harian adalah rahasia. Hanya kamu yang boleh membukanya, apalagi membacanya. Bahkan, aku berpikir, seandainya ada seseorang yang membuka catatan harianmu, maka lebih baik itu orang nggak usah ditemani lagi selamanya. Itu lebih baik sih daripada membiarkan “hidup” orang yang telah menyakiti dirimu. Bagaimana?

  3. Kamu akan memahami tentang kekuatan-kekuatan yang ada pada dirimu

    Bahkan orang yang merasa paling inferior pun, ketika dia membuka catatan hariannya, dia akan menemukan bahwa ada sisi “lebih” yang bisa dia tunjukkan bagi dirinya. Karena memang nggak ada orang yang 100% bagus dan nggak ada pula yang 100% buruk. Makanya, senegatif apapun caramu memandang lingkunganmu, pandanglah dengan tatapan wajar.

  4. Kamu akan lebih leluasa menceritakan berbagai masalahmu

    Nggak perlu khawatir untuk menceritakan semua masalahmu di catatan harian. Cuma kamu yang tau kok, Nah, makanya kamu punya kesempatan eksplorasi yang lebih dalam lagi. Kamu bisa menceritakan banyak hal di situ. Kamu bisa menceritakan semua masalahmu dengan leluasa.

  5. Kamu akan lebih semangat menatap kehidupan

    Terkadang, kita nggak perlu orang lain supaya kita semangat. Cukup menceritakannya kepada catatan harian aja, kita jadi lebih semangat.

  6. Kamu merasa bahwa kehidupanmu sangat bahagia

    Tak ada lagi kesedihan, tak ada lagi penderitaan. Semuanya sudah kamu ceritakan secara lepas pada catatan harian.

  7. Kamu akan berjuang untuk mencapai apa yang kamu inginkan

    Kamu akan merasa seperti punya teman untuk membuat kamu bersemangat mencapai apa yang kamu inginkan.

  8. Kamu akan memahami bahwa hidupmu bukan hanya untuk dirimu

    Dan yang terakhir adalah, kamu bisa mensyukuri kehidupanmu. Kamu akan sadar bahwa hidupmu bukan hanya untuk dirimu. Ada orang lain yang membutuhkanmu. Itu semua akan kamu sadari ketika kamu membuka-buka lagi catatan harianmu.



Media Sosial

Instagram LINE Surel Whatsapp