Waktu, Aku Membencimu

Semenjak manusia lahir, ia selalu terhubung dengan waktu. Waktu adalah takdir bagi manusia. Segala pemikiran manusia, gerak-geriknya, interaksinya dengan dunia luar maupun dengan dirinya, selalu terikat dengan waktu. Waktu senantiasa mengekang manusia. Selalu ada waktu untuk segalanya.

Tatkala manusia akan melakukan sesuatu, selalu ada waktu yang membatasi. Waktu adalah pengingat bagi kelalaian manusia. Waktu juga adalah penghancur kebahagiaan manusia. Membatasi. Memotong interaksi.

Aku membencimu.

Selalu dan selalu, ingin kulakukan apapun agar waktu membeku. Aku ingin lebih lama bersamamu. Aku ingin lebih lama melihat cahaya senyumanmu. Aku ingin lebih lama mengenalmu. Lebih lama mendalami misteri kepribadianmu. Menjelajah berbagai arketipe yang terpendam di dalam alam bawah sadarmu. Aku ingin melakukan itu, namun waktu selalu mencegatku. Lebih lama, lebih dalam, lebih jauh, semua terikat dengan waktu.

Kita tidak abadi.

Setiap ada perjumpaan, selalu ada perpisahan. Begitu kata orang. Semua telah menyerah dengan waktu. Semua menyerah dengan berbagai batasan yang dibentuk oleh waktu. Mengapa aku tak bisa melihat sosok waktu? Mengapa aku tak bisa menyentuh sosokmu? Ingin rasanya kuserapahi segala keputusan suka-sukamu. Aku takkan mau menyerah dari siapapun.

Termasuk darimu, waktu…

Aku tau betapa menyakitkannya perpisahan. Aku tau betapa menyedihkannya waktu yang berlalu. Aku merasakan betapa menyayat hatinya ditinggal pergi oleh orang yang kau sayangi. Itu semua gara-gara waktu.

Entah apa lagi yang akan aku katakan, aku tuliskan. Biarpun sejuta tinta dituangkan di lembah terdalam atau palung yang paling dasar, keputusanmu takkan berubah kan, waktu? Kamu akan terus berlari walaupun kami senantiasa diam tak bergerak. Kamu kejam ya, waktu. Kejam. Sangat jahat. Itukah kamu? Makhluk yang tak tampak namun senantiasa menjahati kami? Kamu senang ya melihat wajah-wajah penuh derita, wajah-wajah penuh kesedihan. Gelap.

Aku takkan pernah menyerah padamu.



Media Sosial

Instagram LINE Surel Whatsapp