Bersemangatlah Menghadapi Dunia yang Hanya Sekali

Terlalu banyak hal yang terjadi di dunia ini. Entah itu dari segi pengalaman, lingkungan, pembaruan, teknologi, apapun itu, segalanya selalu berubah. Nah, apakah kita memilih untuk menjadi orang yang statis ataukah menjadi orang yang dinamis? Apakah kita memilih untuk diam saja “menonton” segala dinamika yang terjadi di sekitar kita ataukah kita memilih untuk berperan atau mengambil andil dalam dinamika kehidupan di sekitar kita?

Memang sih ketika kita tidak berkontribusi pada lingkungan sekitar kita, kita bermain aman, dalam artian bahwa kita tidak akan menerima sesuatu yang mengancam kita maupun yang akan merusak kebahagiaan kita. Namun, satu hal yang perlu kita perhatikan, bahwa ketika kita mengambil andil pada dinamika lingkungan, akan ada banyak hal yang akan kita peroleh. Entah itu teman baru, pengalaman baru, rasa yang baru, sudut pandang yang baru, kebijaksanaan baru.

Nah, tinggal bagaimana kitanya, apakah kita akan terjun pada perubahan lingkungan ataukah hanya diam-diam saja di tepi taman, di atas sebuah bangku kayu yang renta?

Dunia ini hanya sekali. Sesudah itu?

Mumpung kita masih hidup di dunia, maksimalkan kesempatan itu yang diberikan oleh Allah subhanahu wa taala. Apakah kita pernah menanyakan, mengapa kita ada di dunia sedangkan akan ada masa ketika kita meninggalkan dunia? Mengapa kita hidup kalau nanti akan mati? Mengapa kita merasakan kebahagiaan ini padahal nanti kita akan merasakan kesedihan? Mengapa kita merasa akrab dengan kawan-kawan kita padahal nanti kita akan merasakan kehilangan?

Renungkan sekali lagi…

Mengapa kita ada padahal nanti akan tiada? Mengapa mereka ada padahal nanti mereka tiada? Mengapa emosi positif ini hadir padahal nanti akan berubah menjadi emosi negatif? Mengapa ada perdamaian kalau nanti ada peperangan?

Dunia ini unik. Takkan bisa dijelaskan sesimpel kita menjawab berjuta-juta pertanyaan “mengapa”. Lantas, mengapa kita masih merasakan kehidupan ini?

Karena Allah percaya pada kita.



Media Sosial

Instagram LINE Surel Whatsapp