Selalu Ada yang Sama denganmu

Apakah kamu merasa dirimu begitu unik? Apakah kamu merasa bahwa kamu berbeda dengan yang lain? Apakah kamu merasa kamu begitu asing di dunia ini? Keberadaanmu tidak dianggap? Setiap pergerakanmu selalu membuat orang lain nyinyir kepadamu? Mengapa? Apa lantaran konsep kehidupanmu yang berbeda dengan yang lainnya? Apa lantaran fisikmu yang begitu berbeda? Apa lantaran dirimu tak bisa memenuhi harapan mereka? Apakah karena itu semua?

Setiap manusia itu unik, begitu kata Humanistik. “Tapi Kak, lihat, semuanya sama, semuanya hebat, dan aku tiadalah sebutir debu di hadapan mereka!” begitu protesmu. Begini ya, wahai kawanku, perbedaanmu dengan mereka janganlah menjadi sesuatu yang membuat dirimu mendiskriminasi dirimu sendiri, self discrimination. Kamu harus bangkit, kamu harus bisa berbaur, kamu harus bisa mengembangkan senyummu bersama mereka.

Namun, ketika kamu tak bisa tersenyum menyambut mereka, tak apa, akupun begitu. Tapi, cobalah berdamai dengan diri sendiri. Jangan sampai pikiranmu merusak dirimu sendiri. Kamu itu istimewa, tak peduli bagaimana orang berkata terhadapmu. Yakinlah bahwa di ujung dunia sana, ada seseorang yang sama denganmu, baik fisiknya, pemikirannya, maupun keyakinannya. Jadi, pede aja gitu lo sama dirimu saat ini. Kamu adalah kamu, tak peduli apa kata orang terhadapmu. Jadilah orang yang kuat, bagai pasak yang diterjang ombak setiap hari. Kokoh. Tangguh. Tak peduli dengan berbagai ancaman yang senantiasa menderu.

Dan di saat kamu tak sanggup lagi, lambaikan tangan. Akan ada sahabat yang datang menopangmu dan mendorongmu untuk bisa tersenyum kembali.



Media Sosial

Instagram LINE Surel Whatsapp