Merasa Sulit Murajaah?

Bagi alumni pondok pesantren tahfidz Quran, masalah terbesar yang dihadapi adalah sulitnya murajaah di lingkungan yang tidak mendukung, seperti berkuliah di universitas umum, lingkungan pergaulan yang jauh dari suasana Quran, dan ada kelompok murajaah Quran tapi berbeda visi dengan yang kita yakini. Nah, berarti kan kita harus berjuang sendiri nih istilahnya. Terus, bagaimana caranya merutinkan murajaah sedangkan tak ada lingkungan yang mendukung?

Solusinya adalah dengan membuat mutabaah murajaah. Pertama, kita komitmenkan dulu, sehari mau murajaah sebanyak berapa, misalnya seperempat juz. Setelah itu, dibuat mutabaahnya. Berikut ini adalah contoh mutabaahnya:

Murajaah

Juli
20  Juz 1, seperempat pertama
21  Juz 1, seperempat kedua
22  Juz 1, seperempat ketiga
23  Juz 1, seperempat keempat
24  Juz 2, seperempat pertama
25  Juz 2, seperempat kedua
26  Juz 2, seperempat ketiga

Lalu, yang menjadi masalah adalah bagaimana cara mengisinya kalau kita tidak murajaah di hari ini? Apakah kita lompati atau dibayar utangnya besok? Gambaran mutabaahnya seperti ini:

Murajaah

Juli
24  Juz 3, seperempat kedua
25
26

Nah, dari mutabaah di atas kan kelihatan kalau kita nggak murajaah di tanggal 25, maka solusinya adalah kita harus isi dulu di tanggal 25 walaupun kita murajaahnya di tanggal 26, untuk melengkapi di tanggal sebelumnya terlebih dahulu. Oke, semoga tips ini bisa langsung dipraktekkan. Oh iya, untuk hasil terbaik, buat mutabaahnya di buku tulis, bukan di gawai atau laptop supaya gampang diakses.


Ingin mendapatkan kabar terbaru dari dunia teknologi dan lifehack? Klik media sosial di bawah ini

Facebook Twitter LINE Telegram Android RSS