Facebook BW WA Github Cari



Artikel Cerpen List Musik Pemrograman Puisi


Manfaat Menulis Blog

06 June 2017

Segala sesuatu di dunia ini pasti ada manfaatnya. Salah satunya adalah blogging.

  1. Melatih kemampuan menulis

    Untuk mahir dalam melakukan sesuatu, kita harus terus-menerus mengulang-ulangi, melatih berkali-kali sesuatu tersebut. Kemampuan yang terus diulang, akan menjadi skill kita. Itu akan meresap pada diri kita, Coba kita lihat kawan kita yang berulang kali latihan bela diri. Nah, begitu pula dengan menulis. Semakin sering dilatih, maka akan semakin mahir.

    Mungkin dalam pengulangan-pengulangan tersebut, kamu akan merasa lelah, capek, dan mulai mengeluh. Tapi, jangan turuti rasa itu. Kamu harus terus berlatih menulis.

  2. Menebarkan manfaat ke orang lain

    Orang sekarang ini kan kalau mau mencari sesuatu, biasanya carinya ke Google, nah kalau misalnya di blogmu ada jawabannya, bisa saja dia menyasar ke blogmu.

  3. Prasasti peristiwa
  4. Latihan koding

    Untuk beberapa jenis blog, terutama yang static page maupun server script macam PHP, kebiasaan blogging akan meningkatkan kemampuan koding penggunanya karena ketika ada masalah dengan blognya, mau nggak mau kan harus memperbaikinya dengan memanipulasi kode yang ada.

    Kalau blog ini kan aku pake Jekyll. Nah, karena tema Jekyll yang tersedia di internet kurang menarik bagiku, jadi aku membuat tema sendiri. Yang simpel aja.

  5. Menambah relasi

    Di dalam blog kita, tentunya kita akan menyediakan kontak yang bisa dihubungi. Misalnya saja di blog ini. Di sini, aku menyediakan kontak LINE yang bisa dihubungi. Nah, pengunjung blog kita kan dari Google. Terus, ketika dia nyasar di blog kita, dan tertarik dengan konten blognya, tentunya ada kemungkinan dia akan menghubungi kita melalui kontak yang sudah disediakan.

  6. Menunjukkan skill

    Dengan menuliskan keahlianmu di blog, orang pun akhirnya tau seperti apa pengetahuanmu terhadap keahlianmu itu dan seberapa besar dedikasimu untuk mengembangkan keahlian yang kamu miliki.

  7. Mengisi waktu luang
  8. Mengajak orang lain untuk membaca buku

    Mungkin ada banyak orang sih yang jarang membaca buku. Itu sayang sekali. Padahal banyak yang bisa kita dapat dari buku, daripada dari Google. Kalau di Google kan, kita dapatnya cuma sedikit, sepotong-sepotong. Sesuai memang dengan apa yang kita cari. Tapi, kalau di buku, kita bisa mendapatkan pemahaman yang lebih luas.

Sumber gambar: www.animemaru.com/wp-content/uploads/2016/10/neverforget711-640x360.png

#artikel #blogging #menulis #edit

Tulisan Menarik Lainnya dalam Kategori Artikel

Baca Juga Ya


Copyright © 2018 Zen All Right Reserved - Created by Zen