Facebook BW WA Github Cari



Artikel Cerpen List Musik Pemrograman Puisi


Mengembangkan Sisi Introversi dengan Kesabaran

03 May 2017

Kalau dalam tipologi kepribadian Jung, ada yang namanya introvert dan ada yang namanya extrovert. Bagi orang introvert, energi didapatkan ketika dalam kesendirian, sedangkan bagi orang extrovert, energi didapatkan dalam keramaian atau bersama orang lain. Ciri khas dari introvert adalah berfokus pada kemampuan diri sendiri, gampang terusik dengan keberadaan orang lain. Bagi orang extrovert, ciri khasnya adalah kolaborasi atau bergantung pada orang lain dalam mengerjakan sesuatu, di situlah dia mendapatkan energinya.

Setiap manusia pasti kalau nggak cenderung ke introvert, dia cenderung ke extrovert, nggak ada yang di tengah-tengah, dan jarang banget ada orang yang 100% introvert atau 100% extrovert, itu berbahaya!

Persoalan bagi seorang extrovert, akan menjadi masalah ketika dia diharuskan fokus untuk mengerjakan sesuatu yang harus dia kerjakan sendiri, bukan berkolaborasi bersama orang lain. Itu jadi masalah. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Oke, kita kan pasti nggak bisa menyuruh tugas untuk mengerjakan dirinya sendiri. Kita harus mengerjakannya. Nah, untuk bisa mengatasinya, mengatasi sisi extrovert kita yang berontak, maka kita harus sabar. Fokus dalam mengerjakannya. Dan jangan mengkhawatirkan berbagai tekanan yang datang. Terus saja berlari. Abaikan semua gangguan.

Sumber gambar: t09.deviantart.net/-OkoNJH0hMw9SvPVWZBZqNAOdVk=/fit-in/700x350/filters:fixed_height%28100,100%29:origin%28%29/pre01/4563/th/pre/i/2014/048/1/4/colourful_life_by_davinsky-d6dcre0.jpg

#artikel #kepribadian #introvert #jung #extrovert #edit

Tulisan Menarik Lainnya dalam Kategori Artikel

Baca Juga Ya


Copyright © 2018 Zen All Right Reserved - Created by Zen